Child - Us

Child - Us
with Sanggar Waringin's child

Sabtu, 13 September 2014

PRA-SEKOLAH (3-6 tahun)

TAHAP PERKEMBANGAN

FISIK
  • Mampu berpakaian dan menanggalkan pakaian sendiri
  • Memiliki koordinasi yang disempurnakan dan belajar banyak keterampilan baru
  • Sangat aktif dan suka melakukan hal-hal seperti memanjat, lompat, dan melakukan gerakan ketangkasan
  • "Pada awal anak usia dini, otak telah mencapai sekitar 50 % dari berat otak dewasa. Pada saat anak-anak 6 tahun, otak telah berkembang menjadi 90% dari berat penuh." (Huttenlocher, 1994) (Cole M. Cole S dan Lightfoot 2005)
 
EMOSIONAL / SOSIAL
  • Mengembangkan kapasitas untuk berbagi dan bergiliran
  • Bermain secara koorperatif dengan teman sebaya
  • Mengembangkan beberapa kemandirian dan mengandalkan diri sendiri
  • Mengembangkan identitas etnis dan gender
  • Belajar untuk membedakan antara realitas dan fantasi
  • Belajar untuk membuat koneksi dan perbedaan antara perasaan, pikiran, dan tindakan 
INTELEKTUAL / KOGNITIF 
  • Dengan anak-anak pra-sekolah, kemampuan mereka untuk memahami bahasa biasanya berkembang terlebih dahulu daripada bicara mereka
  • Pada usia 6 tahun, kosakata mereka akan meningkat menjadi antara 8.000 dan 14.000 kata tetapi penting untuk diingat bahwa anak-anak dalam kelompok usia ini sering mengulang kata-kata tanpa sepenuhnya memahami maknanya
  • Kebanyakan dari mereka telah belajar penggunaan preposisi (atas / bawah, depan / belakang, samping) dan beberapa kata ganti posesif dasar (punya saya, punya-nya, punya kami), dan sudah mulai menguasai kata sifat
  • "Pada periode antara 2 dan 6 tahun, kehidupan sosial dan mental anak-anak benar-benar diubah oleh sebuah ledakan pertumbuhan dalam kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa [.....] Anak-anak berumur 6 tahun pengguna kompeten bahasa." (Cole M. Cole S dan Lightfoot 2005)
  • "antara 2 sampai 6 tahun, anak-anak mulai menggunakan banyak konstruksi baru yang sesuai dengan aturan-aturan gramatikal'....; [.....] "Bahasa adalah media di mana anak-anak belajar tentang peran mereka di dunia, perilaku berterima dan asumsi budaya mereka tentang bagaimana dunia bekerja. Secara bersamaan, bahasa memungkinkan anak untuk mengajukan pertanyaan, untuk menjelaskan pikiran dan keinginan, dan membuat tuntutan yang lebih efektif pada orang-orang di ekitar mereka." (Ibid)
  • Anak-anak pra-sekolah tetap egosentris dan konkret dalam pemikiran mereka. Mereka masih tidak dapat melihat sesuatu dari perspektif lain, dan mereka berpikir berdasarkan pada kekhusussan bahwa mereka dapat memvisualisasikan dan yang penting bagi mereka (yaitu "Ibu dan Ayah", bukannya "Keluarga")
  • Ketika ditanya, mereka umumnya bisa mengungkapkan siapa, apa, di mana, dan kadang-kadang bagaimana, tapi tidak kapan atau berapa banyak. Mereka juga mampu memberikan cukup banyak keterangan rinci tentang situasi
  • Penting untuk diingat bahwa anak-anak dalam rentang usia ini tetap mengalami kesulitan dengan konsep-konsep urutan dan waktu. Karena itu, mereka mungkin tampak tidak konsisten ketika menceritakan sebuah kisah hanya karena mereka hampir tidak pernah mengikuti pendekatan awal-tengah-akhir 
HAK DAN KEBUTUHAN
Fisik
  • Waktu dan alat untuk bermain (outdoor)
  • Teman sepermainan 
Emosional / Sosial
  • Ditemani belajar
  • Diapresiasi kemampuannya
  • Dimotivasi kegiatannya 
Intelektual / Kognitif 
  • Mendapatkan alat bantu belajar (buku gambar dan alat tulis)
  • Diarahkan atas apa yang dilihat
  • Mendapatkan pendidikan formal / non-formal
 Sumber : Modul Latihan Pekerjaan Sosial Berpusat Pada Anak dan Keluarga "PERLINDUNGAN ANAK DAN PERENCANAAN PERMANENSI" (Save The Children) 
Diposting pada tanggal 13 September 2014 pukul 17:37 oleh Ajruni Wulandestie A
 

BALITA / ANAK KECIL (18-36 bulan)

TAHAP PERKEMBANGAN

Fisik
  • Nikmati aktifitas fisik seperti berlari, menendang, memanjat, melompat, dll
  • Mulai mengendalikan kandung kemih dan usus di bagian akhir tahap ini
  • Semakin mampu memanipulasi benda-benda kecil dengan tangan
Emosional / Sosial
  • Menyadari batas; sering mengatakan "tidak"
  • Membentuk kesadaran diri yang positif, berbeda melalui eksplorasi terus menerus akan dunia
  • Melanjutkan mengembangkan keterampilan komunikasi dan mengambil responsifnya orang lain
  • Kebutuhan untuk mengembangkan suatu kesadaran diri dan untuk melakukan beberapa hal untuk diri sendiri
  • Membuat pilihan sederhana seperti apa yang dimakan, apa yang akan dikenakan dan kegiatan apa yang harus dilakukan
 
Intelektual / Kognitif 
  • Balita memiliki kosakata yang terbatas 500 - 3.000 kata dan hanya dapat membentuk kalimat yang terdiri dari tiga atau empat kata
  • Mereka tidak mengerti kata ganti (ia, dia) dan hanya memiliki pemahaman dasar terhadap preporsisi (di, pada, pergi, keluar, pergi)
  • Kebanyakan balita bisa menghitung, tetapi mereka melakukannya dari memori, tanpa pemahaman yang benar tentang angka-angka tersebut mewakili apa
  • Secara kognitif, anak-anak dalam rentang usia ini sangat egosentris dan konkret dalam pemikiran mereka dan percaya bahwa orang dewasa tahu segalanya. Ini berarti bahwa mereka memandang segala sesuatu dari perspektif mereka sendiri
  • Mereka menganggap bahwa orang lain melihat, bertindak, dan merasa dengan cara yang sama seperti mereka, dan percaya bahwa orang dewasa sudah tahu semuanya. Hal ini mengakibatkan mereka merasa bahwa mereka tidak perlu menjelaskan suatu kejadian dengan rinci
  • Balita mungkin memiliki gambaran yang sangat jelas terhadap peristiwa yang berkaitan dengan diri mereka sendiri tetapi mungkin mengalami kesulitan mengungkapkan pikiran atau memberikan rincian. Karena itu, sebagian besar pertanyaan perlu ditanyakan oleh pemberi asuhan mereka
  • Balita dapat menghubungkan pengalaman mereka, secara detail, ketika ditanyakan secara spesifik dan tepat
  • Belajar untuk menggunakan memori dan memperoleh dasar-dasar pengendalian diri
HAK DAN KEBUTUHAN
Fisik
  • Keamanan dan perlindungan
  • Toilet Training
  • Waktu bermain dan alat pembantu (mainan plastisin)
 
Emosional / Sosial
  • Dibebaskan memilih untuk apa yang dia inginkan
  • Mendapatkan respon dari jawaban atas semua pertanyaan-pertanyaannya
 
Intelektual / Kognitif
  • Pemberian sarana alat pembantu untuk bermain dan belajar. Misalnya : Film Edukasi dan dibacakan buku cerita
 
Sumber : Modul Latihan Pekerjaan Sosial Berpusat Pada Anak dan Keluarga "PERLINDUNGAN ANAK DAN PERENCANAAN PERMANENSI" (Save The Children) 
Diposting pada tanggal 13 September 2014 pukul 17:14 oleh Ajruni Wulandestie A

Bayi (0-18 Tahun)

TAHAP PERKEMBANGAN
1. Fisik

0-3 bulan
  • Mengisap, menggenggam, refleks
  • Mengangkat kepala ketika dipangku di bahu
  • Menggerakkan lengan secara aktif
  • Mampu mengikuti objek dan fokus
3-6 bulan
  • Berguling
  • Memegang kepala tegak ketika dipegang dalam posisi duduk
  • Mengangkat lutut, bergerak dengan merangkak
  • Meraih benda
6-9 bulan
  • Duduk tanpa bantuan, menghabiskan lebih banyak waktu dalam posisi tegak lurus
  • Belajar merangkak
  • Memanjat tangga
  • Mengembangkan koordinasi tangan-mata
9-18 bulan
  • Mencapai mobilitas, dorongan kuat untuk memanjat, merangkak
  • Berdiri dan berjalan
  • Belajar berjalan sendiri
  • Belajar untuk memegang dengan ibu jari dan jari
  • Menyuapkan makanan sendiri
  •  Memindahkan benda-benda kecil dari satu tangan ke tangan yang lain
2. Emosional / Sosial
  • Ingin dipenuhi kebutuhannya
  • Mengembangkan rasa aman
  • Tersenyum secara spontan dan responsif
  • Suka gerakan, dipegang dan diayun/digoyang-goyang
  • Tertawa keras
  • Bersosialisasi dengan siapapun, tetapi tahu ibu atau pemberi asuhan yang utama
  • Merespon gelitik
  • Lebih suka pemberi asuhan utama
  • Mungkin menangis ketika orang-orang asing mendekati
  • Secara umum menampilkan kecemasan
  • Memperluas ikatan kasih sayang untuk pengaruh utama ke dunia
  • Menunjukkan permanensi objek; tahu orangtuanya ada dan akan kembali (membantu anak Anda menghadapi kecemasan)
  • Menguji batasan
3. Intelektual / Kognitif 
  • Vokalisasi suara-suara (berbisik)
  • Senyum dan mengekspresikan kesenangan
  • Mengenali pemberi asuhan utama
  • Menggunakan kedua tangan untuk menangkap objek
  • Memiliki ketertarikan visual yang luas
  • Meletakkan segala sesuatu di mulut
  • Memecahkan masalah sederhana. Misalnya : akan mengesampingkan rintangan untuk mencapai objek
  • Menanggapi perubahan lingkungan dan dapat mengulangi tindakan yang menyebabkannya
  • Memindahkan benda dari tangan ke tangan
  • Mulai selektif menanggapi kata-kata
  • Menunjukkan perilaku disengaja, memprakarsai tindakan-tindakan
  • Menyadari benda ada ketika tidak terlihat dan akan mencarinya (objek permanen)
  • Tertarik dan memahami kata-kata
  • Mengatakan kata-kata seperti "mama", "dada"
HAK DAN KEBUTUHAN
1. Fisik
0-3 bulan
  • Kebersihan alat bantu (dot atau empeng)
  • Digendong dengan posisi yang aman dan nyaman
3-6 bulan 
  • Keamanan
  • Perlindungan
  • Tempat yang aman
  • Kebersihan 
6-9 bulan
  • Perlindungan dari bahaya stop kontak listrik, dll
  • Alat bantu edukasi. Misalnya : permainan dengan berbagai macam warna dan bentuk
9-18 bulan
  • Perlindungan dari alat-alat rumah tangga (pecah belah)
  • Motivasi lingkungan untuk memberikan rangsangan belajar berdiri dan jalan
  • Mencoba makanan dengan rasa dan tektur yang berbeda
2. Emosional / Sosial
  • Memperkenalkan dengan teman sebaya
  • Memberikan waktu untuk istirahat dan bermain 
3. Intelektual / Kognitif
  • Kebersihan
  • Makanan yang bergizi
  • Respon terhadap upaya komunikasi yang dilakukan
 
Sumber : Modul Latihan Pekerjaan Sosial Berpusat Pada Anak dan Keluarga "PERLINDUNGAN ANAK DAN PERENCANAAN PERMANENSI (Save The Children)
Diposting pada tanggal 12 September 2014 pukul 16:07 WIB oleh Ajruni W A