TAHAP PERKEMBANGAN
FISIK
- Mampu berpakaian dan menanggalkan pakaian sendiri
- Memiliki koordinasi yang disempurnakan dan belajar banyak keterampilan baru
- Sangat aktif dan suka melakukan hal-hal seperti memanjat, lompat, dan melakukan gerakan ketangkasan
- "Pada awal anak usia dini, otak telah mencapai sekitar 50 % dari berat otak dewasa. Pada saat anak-anak 6 tahun, otak telah berkembang menjadi 90% dari berat penuh." (Huttenlocher, 1994) (Cole M. Cole S dan Lightfoot 2005)
EMOSIONAL / SOSIAL
- Mengembangkan kapasitas untuk berbagi dan bergiliran
- Bermain secara koorperatif dengan teman sebaya
- Mengembangkan beberapa kemandirian dan mengandalkan diri sendiri
- Mengembangkan identitas etnis dan gender
- Belajar untuk membedakan antara realitas dan fantasi
- Belajar untuk membuat koneksi dan perbedaan antara perasaan, pikiran, dan tindakan
INTELEKTUAL / KOGNITIF
- Dengan anak-anak pra-sekolah, kemampuan mereka untuk memahami bahasa biasanya berkembang terlebih dahulu daripada bicara mereka
- Pada usia 6 tahun, kosakata mereka akan meningkat menjadi antara 8.000 dan 14.000 kata tetapi penting untuk diingat bahwa anak-anak dalam kelompok usia ini sering mengulang kata-kata tanpa sepenuhnya memahami maknanya
- Kebanyakan dari mereka telah belajar penggunaan preposisi (atas / bawah, depan / belakang, samping) dan beberapa kata ganti posesif dasar (punya saya, punya-nya, punya kami), dan sudah mulai menguasai kata sifat
- "Pada periode antara 2 dan 6 tahun, kehidupan sosial dan mental anak-anak benar-benar diubah oleh sebuah ledakan pertumbuhan dalam kemampuan untuk memahami dan menggunakan bahasa [.....] Anak-anak berumur 6 tahun pengguna kompeten bahasa." (Cole M. Cole S dan Lightfoot 2005)
- "antara 2 sampai 6 tahun, anak-anak mulai menggunakan banyak konstruksi baru yang sesuai dengan aturan-aturan gramatikal'....; [.....] "Bahasa adalah media di mana anak-anak belajar tentang peran mereka di dunia, perilaku berterima dan asumsi budaya mereka tentang bagaimana dunia bekerja. Secara bersamaan, bahasa memungkinkan anak untuk mengajukan pertanyaan, untuk menjelaskan pikiran dan keinginan, dan membuat tuntutan yang lebih efektif pada orang-orang di ekitar mereka." (Ibid)
- Anak-anak pra-sekolah tetap egosentris dan konkret dalam pemikiran mereka. Mereka masih tidak dapat melihat sesuatu dari perspektif lain, dan mereka berpikir berdasarkan pada kekhusussan bahwa mereka dapat memvisualisasikan dan yang penting bagi mereka (yaitu "Ibu dan Ayah", bukannya "Keluarga")
- Ketika ditanya, mereka umumnya bisa mengungkapkan siapa, apa, di mana, dan kadang-kadang bagaimana, tapi tidak kapan atau berapa banyak. Mereka juga mampu memberikan cukup banyak keterangan rinci tentang situasi
- Penting untuk diingat bahwa anak-anak dalam rentang usia ini tetap mengalami kesulitan dengan konsep-konsep urutan dan waktu. Karena itu, mereka mungkin tampak tidak konsisten ketika menceritakan sebuah kisah hanya karena mereka hampir tidak pernah mengikuti pendekatan awal-tengah-akhir
HAK DAN KEBUTUHAN
Fisik
- Waktu dan alat untuk bermain (outdoor)
- Teman sepermainan
Emosional / Sosial
- Ditemani belajar
- Diapresiasi kemampuannya
- Dimotivasi kegiatannya
Intelektual / Kognitif
- Mendapatkan alat bantu belajar (buku gambar dan alat tulis)
- Diarahkan atas apa yang dilihat
- Mendapatkan pendidikan formal / non-formal
Diposting pada tanggal 13 September 2014 pukul 17:37 oleh Ajruni Wulandestie A