TAHAP PERKEMBANGAN
Fisik
- Nikmati aktifitas fisik seperti berlari, menendang, memanjat, melompat, dll
- Mulai mengendalikan kandung kemih dan usus di bagian akhir tahap ini
- Semakin mampu memanipulasi benda-benda kecil dengan tangan
Emosional / Sosial
- Menyadari batas; sering mengatakan "tidak"
- Membentuk kesadaran diri yang positif, berbeda melalui eksplorasi terus menerus akan dunia
- Melanjutkan mengembangkan keterampilan komunikasi dan mengambil responsifnya orang lain
- Kebutuhan untuk mengembangkan suatu kesadaran diri dan untuk melakukan beberapa hal untuk diri sendiri
- Membuat pilihan sederhana seperti apa yang dimakan, apa yang akan dikenakan dan kegiatan apa yang harus dilakukan
Intelektual / Kognitif
- Balita memiliki kosakata yang terbatas 500 - 3.000 kata dan hanya dapat membentuk kalimat yang terdiri dari tiga atau empat kata
- Mereka tidak mengerti kata ganti (ia, dia) dan hanya memiliki pemahaman dasar terhadap preporsisi (di, pada, pergi, keluar, pergi)
- Kebanyakan balita bisa menghitung, tetapi mereka melakukannya dari memori, tanpa pemahaman yang benar tentang angka-angka tersebut mewakili apa
- Secara kognitif, anak-anak dalam rentang usia ini sangat egosentris dan konkret dalam pemikiran mereka dan percaya bahwa orang dewasa tahu segalanya. Ini berarti bahwa mereka memandang segala sesuatu dari perspektif mereka sendiri
- Mereka menganggap bahwa orang lain melihat, bertindak, dan merasa dengan cara yang sama seperti mereka, dan percaya bahwa orang dewasa sudah tahu semuanya. Hal ini mengakibatkan mereka merasa bahwa mereka tidak perlu menjelaskan suatu kejadian dengan rinci
- Balita mungkin memiliki gambaran yang sangat jelas terhadap peristiwa yang berkaitan dengan diri mereka sendiri tetapi mungkin mengalami kesulitan mengungkapkan pikiran atau memberikan rincian. Karena itu, sebagian besar pertanyaan perlu ditanyakan oleh pemberi asuhan mereka
- Balita dapat menghubungkan pengalaman mereka, secara detail, ketika ditanyakan secara spesifik dan tepat
- Belajar untuk menggunakan memori dan memperoleh dasar-dasar pengendalian diri
HAK DAN KEBUTUHAN
Fisik
- Keamanan dan perlindungan
- Toilet Training
- Waktu bermain dan alat pembantu (mainan plastisin)
Emosional / Sosial
- Dibebaskan memilih untuk apa yang dia inginkan
- Mendapatkan respon dari jawaban atas semua pertanyaan-pertanyaannya
Intelektual / Kognitif
- Pemberian sarana alat pembantu untuk bermain dan belajar. Misalnya : Film Edukasi dan dibacakan buku cerita
Sumber : Modul Latihan Pekerjaan Sosial Berpusat Pada Anak dan Keluarga "PERLINDUNGAN ANAK DAN PERENCANAAN PERMANENSI" (Save The Children)
Diposting pada tanggal 13 September 2014 pukul 17:14 oleh Ajruni Wulandestie A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar